Breaking

Monday, October 16, 2017

Sejarah PMI Kota Pematangsiantar




Kota Pematangsiantar dibentuk pada tahun 1957 oleh Dr. Luhut Lumbantobing, pada saat itu Kota Pematangsiantar merupakan ibu kota Kabupaten Simalungun, sehingga dalam sejarahnya kota Pematangsiantar masih termasuk Kabupaten Simalungun, sama seperti Kabanjahe atau tarutung sekarang. Namun sejak Tahun 1974, Kota Pematangsiantar sudah menjadi kotamadya yang dimana Kota Pematangsiantar sudah menjadi kota Otonom. Maka menurut AD/ART, PMI tiap daerah tingkat dua menjadi satu cabang.

Sejak awal berdirinya PMI di Kota Pematangsiantar-Simalungun telah berkomitmen memberikan pelayanan kemanusiaan kepada siapa pun yang membutuhkan tanpa memandang status maupun latar belakang orang yang membutuhkan pertolongan. Komitmen tersebut masih dipegang teguh oleh segenap pengurus dan relawan yang tergabung di dalamnya hingga saat ini.

Dalam sejarahnya, PMI Cabang Siantar- Simalungun lebih dahulu terbentuk daripada PMI Provinsi Sumatera Utara, PMI Provinsi Sumatera Utara baru dibentuk tahun 1964 yang dibentuk oleh Arnold Simanjuntak, ketua PMI Pusat saat itu P.A.A Paku Alam VIII.


Daftar Ketua PMI Kota Pematangsiantar
1. Dr. Luhut Lumban tobing                          (1957 - 1969)
2. Dr. Langkat Munthe                                  (1969 - 1984
3. Dr. Med. Sarmedi Purba, Sp. OG              (1985 - 2015)
4. Dr. Rajin S. Saragih, Sp. B                        (2015 - Sekarang)

1 comment: